Handry

Business Model Generation: PlusAct.com ( + ACT )

In Tugas Mata Kuliah "Creativity & Innovation", UAS Creativity & Innovation on 10/12/2011 at 3:48 am

‘To- do – List’ Online

( PlusAct. com ) : Plus Activities

Dihimpit berbagai aktivitas, keterbatasan waktu, penjadwalan kegiatan yang bertabrakan, melupakan hal yang penting, menjadi problema yang sulit dilepaskan dalam menjalani kehidupan ini. Tak terorganisirnya kegiatan dan sulit menentukan prioritas terkadang membuat seseorang dihadapkan pada sebuah situasi dilema, apalagi bila harus membuat jadwal pertemuan dengan orang lain yang memiliki jadwal kegiatan tak menentu dan tak kita ketahui, hal ini terkadang menjadi sulit dan pada akhirnya kegiatan yang ingin dilakukan tak terealisasikan.

Berdasarkan pada masalah di atas, saya mencoba menawarkan sebuah pemikiran. Bagaimana apabila setiap orang melakukan sharing tentang kegiatan apa saja yang akan dilakukan, sehingga orang lain dapat mengetahui kegiatan apa saja yang kita lakukan untuk memudahkan perencanaan pertemuan, keuntungan lainnya jelas untuk mengingatkan kita tentang kegiatan apa saja yang akan kita laksanakan.

Sistemnya kurang lebih seperti Facebook, akan ada “Add as Friend” (Jadi hanya yang ‘menjadi teman’ kita sajalah yang mengetahui jadwal kita). Tampilannya akan berbentuk 1 halaman besar bergambar kalender, ada juga opsi untuk melihat kegiatan keseluruhan secara teks. Mobile Version akan memunculkan sebuah notification pada hari dengan jadwal kegiatan yang telah ditetapkan. Tentunya kegiatan yang akan terlihat di profile kita adalah kegiatan yang kita post sendiri, jadi sebaiknya tidak mencantumkan posting untuk kegiatan yang sifatnya terlalu pribadi agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

  • Key Partners : Facebook dan Twitter (Facebook sebagai tambahan pada fitur ‘Events’, dan sebagai sebuah tambahan fitur untuk Twitter)
  • Key Activities : Website ini akan berkutat pada penambahan aktivitas dari tiap pengguna, ‘saling berteman’, sebagai pengingat kegiatan, dan tentunya kegiatan Advertising sebagai pemasukan.
  • Key Sources : Visual Designer sebagai ahli desain untuk layout website secara menyeluruh, sementara sistem dikerjakan oleh divisi IT yang tergabung dalam staf. Sementara database tentu dibutuhkan untuk search engine di dalam website.
  • Offer : Menawarkan kemudahan dalam perencanaan kegiatan, reminder yang ‘lebih dekat’ dengan pengguna, mengetahui beberapa kegiatan teman untuk memudahkan perencanaan janji bersama teman tersebut.
  • Customer Relationship : Customer Service dibutuhkan untuk melayani keluhan yang dirasakan. Gathering anniversarry akan diadakan untuk mempererat hubungan baik antara produsen dan konsumen.
  • Channels : Kerjasama dengan Facebook dan Twitter, media cetak dan elektronik untuk sarana promosi sebelum Grand Launching.
  • Customer Segments : Ditujukan untuk pelajar, mahasiswa, eksekutif, karyawan, serta businessman yang memiliki kegiatan cukup banyak sehingga membutuhkan sebuah tool untuk memudahkan pengaturan jadwal.
  • Cost : Pengeluaran dialokasikan untuk pengelolaan web, gaji staff dan karyawan, hak paten, serta, storage, anniversary, promosi.
  • Revenue Streams : Pemasukan dari iklan, promo event perusahaan (jika sebuah perusahaan ingin mempromosikan, maka event tersebut akan muncul di masing-masing kalendar pengguna), layout profil ekslusif.

Handry Martha Yudha – 19009165

School of Business and Management ITB

Sabtu, 10 Desember 2011

( Klik gambar untuk memperbesar ukuran )

Iklan
  1. permisi, ngliat post.a tntang bussiness model generation.a py blom ngrti plusact tu apa y?

    • sebenarnya itu hanya satu tugas mata kuliah ‘Creativity & Innovation’ di SBM ITB yang meminta mahasiswa bersama kelompoknya memikirkan sebuah ide inovasi dan dituangkan pada business model. jadi plusact itu fiktif hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: