Handry

Wisata Nusantara : Trade Expo Indonesia

In Catatan Mahasiswa Biasa on 07/11/2011 at 11:19 pm

Sebuah catatan kecil perjalanan..

Sabtu 22 Oktober 2011

Trade Expo Indonesia

Dalam rangka kegiatan perkuliahan mata kuliah Shopper Behavior, pada hari Sabtu 22 Oktober 2011, kelas Shopper Behavior bersama para tutor melakukan study tour ke JI Expo yang sedang menyelenggarakan Trade Expo yang memamerkan berbagai produk produk dalam negeri. Begitu banyak produk, yang walau namanya mungkin masih terdengar asing, namun mengundang ketakjuban dan menyadarkan bahwa memang tak salah jargon “Cintailah produk dalam negeri” digalakkan, karena memang secara kualitas mampu bersaing dengan produk impor.

"The Last Supper"

Produk mulai dari jenis makanan ringan, mebel, makanan olahan, kopi, keripik, batik, ukiran, beras, dll terhampar di gedung hall JI Expo yang terbagi dalam 5 hall (A-E). Sayang akibat keterbatasan waktu, karena saya harus meneliti perilaku pembeli pada jenis produk makanan olahan (processed food), maka tak keseluruhan gedung hall dan produk dapat saya telusuri. Beberapa produk yang menarik perhatian saya adalah keripik siput, gorengan dim sum fresh tanpa pengawet, kopi luwak, serta ukiran 3D peristiwa terkenal dunia “The last supper”.

Bersama si Luwak

Berdasarkan observasi, saya misalnya mencoba dimsum goreng tanpa pengawet yang berbahan tepung rumput laut, rasa dan kualitas memang patut diacungi jempol, namun entah mengapa belum begitu terdengar gaungnya di dalam negeri, walau dalam brosur yang saya dapat produk tersebut telah mampu meraih beberapa penghargaan dalam bidang kuliner. Mungkin strategi pemasaran yang belum gencar dan masih berkutat bermain di di daerah dahulu atau berdasarkan pertimbangan lain yang menyebabkan belum booming nya produk ini.

Kopi Luwak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Secara keseluruhan, pameran ini dapat membuka mata kita bahwa sebenarnya memang benar apa yang telah dikatakan, bahwa Indonesia adalah negeri yang begitu kaya, namun belum maksimal dalam pengembangannya. Semoga semakin banyak pelaku usaha yang mengembangkan produk dalam negeri ke depannya, demi harumnya Merah-Putih di mata dunia.

Di depan patung "Bapak Proklamator"

My Shopper Behavior Group (Left to Right) : Ismail - Handry - Hani - Anya - Hartanto

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Handry M.Yudha

School of Business and Management ITB

Senin, 7 November 2011


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: