Handry

Pembatas Buku (Bookmark)

In Tugas Mata Kuliah "Creativity & Innovation" on 03/10/2011 at 9:33 pm

“Tell about the most innovations in your………”

Itulah topik yang diminta oleh Pak Agus Nggermanto pada kuliah Creativity and Innovations Selasa 28 September 2011. Saya pun sedikit dibuat bingung untuk menentukan ‘in your…..’. Akhirnya saya memutuskan untuk membicarakan tentang “most innovations in my bookcase (rak buku)”

Pada awalnya, saya menyimpan buku di rak meja belajar tanpa suatu ketentuan yang mengikat, sehingga menyulitkan dalam pencarian buku yang dibutuhkan. Sampailah di suatu titik jenuh akan penampilan rak buku di meja belajar. Di waktu senggang di hari Minggu (entah tanggal berapa, beberapa bulan lalu), saya memutuskan untuk membuat ‘Pembatas Buku (Bookmark)’. Bookmark ini akan memisahkan buku dengan buku lainnya berdasarkan genre buku.

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tampilan bookmark seperti yang ada di foto di atas. Bookmark tersebut terbuat dari kartu-kartu bergambar berbahan karton (kartu-kartu bergambar bekas mainan saya semasa kecil yang saya temukan di gudang), lalu dibalut dengan kertas lipat berwarna, warna tiap genre dibedakan.

  • Biru muda : Kamus
  • Ungu : Bahasa Inggris
  • Merah : Bisnis
  • Biru tua : Musik
  • Hijau tua : Agama
  • Kuning : Komputer
  • Hijau muda : Miscellaneous

Jika saya di kemudian hari membeli buku di luar genre yang ada, tentunya saya akan menambah dan membuat bookmark baru untuk membatasinya.

Mengapa ini menjadi penting ? Karena saya tipikal orang yang ingin segala sesuatunya terorganisir dan memudahkan, sehingga dalam hal ini saya mendapatkan lingkungan yang nyaman untuk belajar di meja belajar.

Mungkin nampak sederhana dan tradisional, namun manfaat yang didapat cukup terasa. Durasi untuk mendapatkan buku yang ingin dibaca menjadi lebih efisien. Bookmark tersebut pun murah dan mudah untuk dibuat, hanya niat lebih saja yang paling dibutuhkan serta menepikan rasa malas untuk bergerak.

Handry

Senin 3 Oktober 2011

Tinggalkan Balasan

