Handry

Zanzibar

In Tugas Mata Kuliah "Creativity & Innovation" on 26/09/2011 at 1:40 am

Menurut opini saya, “kreatifitas” adalah integrasi dari segala potensi dalam diri yang disalurkan semaksimal mungkin dalam aplikasi kegiatan kehidupan nyata sehari-hari. Tak lupa bahwa sebuah kreatifitas akan benar-benar membuncah apabila sesuatu yang dilakukan berdasarkan passion dan bidang yang diminati.

Mengapa kreatifitas dibutuhkan? Di zaman yang menuntut keputusan yang bersifat spontan namun tetap terkalkulasi, akibat arus perubahan yang semakin deras, tentunya kejelian dalam menghadapi suatu masalah mutlak diperlukan, di situlah kreatifitas seseorang diuji. Tanpa kreatifitas, sebagai contoh, sebuah bisnis dipastikan perlahan akan tergerus ‘ombak’ inovasi dari para kompetitor yang berlomba bertempur di jalur yang sama-sama tengah digeluti.

Berdasarkan kesenangan saya dalam bermusik, saya melihat sosok paling kreatif, yang nampak telah mengerahkan seluruh talenta dalam diri, dengan dibalut totalitas serta perfeksionisme tinggi hingga karya yang dihasilkan tereksekusi sempurna, ialah Freddie Mercury ex. frontman grup band legendaris Britania, QUEEN.

Tanpa mengecilkan rasa hormat saya pada personil lainnya yang tak kalah jeniusnya yaitu Brian May, John Deacon, dan Roger Taylor, Mercury memang memiliki sisi unik juga kontroversial sebagai daya pikat diluar kejeniusannya dalam bermusik. Kebanyakan lagu-lagu hits milik Queen diciptakan olehnya, semacam “Bohemian Rhapsody”, lagu dengan arti beragam dan belum dapat dipastikan menceritakan mengenai apa, “Love of My life”, lagu yang tak diragukan dapat menyentuh sisi romantis dalam diri seseorang. Sisi humanis Farrokh Bulsara, nama asli Mercury, pun nampak menonjol dengan menciptakan sebuah lagu yang didedikasikan untuk bangsa Afrika yang saat itu (ataupun hingga kini?) tengah menderita kelaparan, berjudul “Is this the world we created”. Sebagai anak kelahiran kota Zanzibar, Tanzania, tentunya Mercury memiliki ikatan batin dengan Afrika sehingga terketuk hatinya untuk ‘sedikit’ berkontribusi menghibur rakyat yang sedang kelaparan dengan talenta dan suara emasnya.  Inspiratif

Aksi panggung menghentak, penghayatan berkelas, yang mungkin dapat menenangkan bayi menangis sekalipun, gaya berpakaian out of the box, kimono sekalipun sempat ia pakai saat melakukan konser live di Jepang. Hal-hal tersebut menunjukkan sisi kreatif Freddie Mercury dalam berkomunikasi dengan penonton saat mengibur dari atas panggung, mungkin tak berlebihan apabila Mercury ditahbiskan sebagai salah satu performer terbaik sepanjang masa.

Sementara, mengenai perusahaan paling kreatif ?

Tak akan saya bahas terlalu dalam. Saya rasa untuk saat ini Microsoft masih yang terdepan untuk perusahaan kreatif. Karena kreatif di sini saya artikan sebagai perusahaan yang mampu membuat orang lain menjadi kreatif dengan produk mereka. Word, Excel, Powerpoint, Access, dll. adalah produk yang memajukan kreatifitas seseorang ke taraf yang lebih tinggi dibandingkan sebelum produk-produk tersebut muncul.

Handry

Minggu 25 September 2011

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: